Surat Suara Pemilu 2019 Datang, KPU Kota Malang Libatkan 4 Patwal

Para petugas tengah memindahkan surat suara Pemilu 2019 di gudang KPU Kota Malang di Jalan Ciujung, Kecamatan Blimbing (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)
Para petugas tengah memindahkan surat suara Pemilu 2019 di gudang KPU Kota Malang di Jalan Ciujung, Kecamatan Blimbing (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)

MOJOKERTOTIMES, MALANG – Proses pencetakan surat suara untuk Pemilu 2019 di wilayah Jawa Timur sudah selesai. Pekan ini, surat suara tersebut mulai dikirim ke daerah-daerah termasuk Kota Malang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang melibatkan empat tim Polisi Patroli dan Pengawal (Patwal) untuk mengamankan proses distribusi.

Hari ini (11/2/2019) setidaknya dua kontainer surat suara datang dari percetakan dan disimpan di gudang KPU Kota Malang di Jalan Ciujung, Kecamatan Blimbing. Sejumlah petugas melakukan pengecekan dan penghitungan kardus-kardus berisi surat suara. Tampak aparat kepolisian dari Polres Malang Kota dan Bawaslu Kota Malang melakukan pemantauan.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin mengungkapkan, gelombang pertama yang datang adalah surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD). "Skenario terkait distribusi dari percetakan ke KPU Kota Malang, hari ini memang DPD dulu. Tetapi secara berjenjang dua hari ke depan akan selesai, baik DPR RI maupun Presiden dan DPRD kabupaten/kota," ujarnya.

Zaenudin merinci, total kebutuhan surat suara untuk Kota Malang mencapai 635.649 lembar. "Kebutuhannya, jumlah DPT HP (daftar pemilih tetap hasil perbaikan) kemarin 623.185 ditambah 2 persen untuk cadangan atau sekitar 12.464 lembar," terangnya. Setelah distribusi selesai, pihaknya akan melakukan pengecekan kondisi surat suara sekaligus penghitungan jumlahnya. "Dihitung jumlahnya kurang atau lebih, nanti bisa dilaporkan ke KPU RI terkait pemenuhan kebutuhan tersebut (jika kurang)," tambahnya.

Pihaknya menargetkan pengiriman seluruh surat suara itu bakal rampung pada Rabu (13/2/2019) mendatang. KPU Kota Malang juga menjamin keamanan surat suara selama proses distribusi berlangsung. "Kami bersama Polres Malang Kota ada skema pengamanan dari percetakan ke gudang logistik. Ada 2 personel Patwal terbuka dan 2 Patwal tertutup yang mengawal distribusi," tuturnya.

Selain itu, KPU juga akan menggelar simulasi pengamanan logistik Pemilu 2019 secara menyeluruh. "Untuk pengamanan, di sini Kamis (14/2/2019) akan dilakukan simulasi pengamanan logistik. Itu melibatkan Pemkot Kota Malang termasuk personel Satpol PP, BPBD, Bakesbangpol, dan lain-lain. Simulasinya terkait tata cara pengamanan logistik pemilu, mulai kedatangan sampai distribusi ke tempat pemungutan suara (TPS)," pungkasnya.

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top