Situs Digital Pariwisata, Langkah Pemkab Malang Hadapi Digital Tourism 4.0

Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya serta Sekda Kabupaten Malang Didik Budi M. dalam Wonderfull Indonesia Digital Tourism 4.0. (Disparbud for MalangTIMES)
Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya serta Sekda Kabupaten Malang Didik Budi M. dalam Wonderfull Indonesia Digital Tourism 4.0. (Disparbud for MalangTIMES)

MOJOKERTOTIMES, MALANG – Pariwisata benar-benar telah menjadi primadona. Berbagai capaiannya dalam mendongkrak perekonomian telah terbukti menggairahkan berbagai elemen. Tak terkecuali dengan yang dialami masyarakat Kabupaten Malang sejak diluncurkannya tagline The Heart of East Java. Tagline yang sayangnya mulai terlihat hilang dan dilupakan dalam berbagai event dan dokumentasi kegiatan.

Lepas dari mulai jarangnya simbol berbentuk hati  itu muncul, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang terus mengintensifkan daya hidup mendukung sektor pariwisata di tengah revolusi industri 4.0 yang kini melanda Indonesia.

Lewat kegiatan dalam rangka meningkatkan level pariwisata di era 4.0 yang berbasis digital, Disparbud Kabupaten Malang bersiap meluncurkan situs digital pariwisata untuk membidik digital tourism 4.0. Sebuah situs untuk mewadahi vendor pariwisata Kabupaten Malang serta menjadi pasar promosi vendor turisme Kabupaten Malang. 

Menurut Made Arya Wedanthara, kepala Disparbud Kabupaten Malang, situs digital pariwisata tersebut berkonsep sebagai ruang  promosi bisnis wisata atau membagikan tautan situs pariwisata yang mereka punyai. "Kami menargetkan peluncuran situs ini pada pertengahan Maret 2019 ini sebagai bagian dalam meningkatkan level pariwisata Kabupaten Malang serta membidik digital tourism 4.0, terang Made Arya, Minggu (03/03/2019).

Kesiapan memasuki pariwisata digital 4.0 suka tidak suka menjadi keniscayaan bagi seluruh negara atau daerah yang kini sedang fokus membangun sektor yang telah menjadi primadona ini. Era digitalisasi tidak terelakkan dengan kondisi saat ini. Program pemerintah ataupun daerah yang abai dan menolak mengikuti arus tersebut dipastikan akan terseok dan akhirnya menghilang.

Fenomena inilah yang ditangkap Disparbud Kabupaten Malang yang kini bersiap masuk dalam pusaran digital tourism 4.0. Bahkan, menurut Made Arya, Kabupaten Malang sudah sangat siap menjalankannya.

"Siap dengan kondisi seperti ini. Bahkan berbagai persiapan sudah juga dijalankan. Bukan hanya kami, tapi seluruh daerah sesuai dengan arahan pemerintah pusat," ujarnya.

Situs digital pariwisata yang akan diluncurkan Disparbud Kabupaten Malang bulan ini adalah langkah awal bagi Pemkab Malang yang terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya selama ini. Melalui situs digital pariwisata tersebut, semua vendor turisme bisa memajang tautan, gambar objek wisata, serta informasi tentang objek tersebut dan bisa diakses seluruh dunia.
Sehingga, nantinya situs digital tersebut diproyeksikan ibarat pasar yang mempromosikan kayanya potensi pariwisata beserta berbagai pendukungnya. 

"Selain menjadi pasar promosi, kami juga melakukan monitoring terhadap semua objek wisata yang terpampang di situs. Ini sebagai bagian untuk terus mengembangkan potensi pariwisata. Semacam evaluasi di mana pihak kita akan melihat dan bisa memberikan bantuan bagi potensi yang kurang maksimal," urai Made.

Harapan besarnya dalam situs digital pariwisata dalam era industri 4.0 ini adalah seluruh objek dan pelaku bisa bersama-sama maju dalam langkah yang telah disusun oleh Kementerian Pariwisata dalam turisme digital 4.0. "Jadi, situs ini tidak berdiri sendiri, tapi terintegralkan dengan program dan roadmap Kementerian Pariwisata sehingga akan saling mendukung satu dengan lainnya," pungkas Made Arya.

 

Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top