Melayani Manusia, Yuk Intip Restoran yang Mempekerjakan Robot

Rongheng Seafood Restaurant melayani konsumennya denhan menggunakan robot di Singapura. (Foto: ist)
Rongheng Seafood Restaurant melayani konsumennya denhan menggunakan robot di Singapura. (Foto: ist)

MOJOKERTOTIMES, BATU – Seiring berjalannya waktu, robot perlahan akan mengambil alih pekerjaan. Untuk saat ini, penggunaan robot mungkin sudah terjadi pada sebagian besar industri manufaktur, dan perlahan mulai mengurangi jumlah pegawai manusia.

Bahkan, penggunaan robot juga sudah merambah dunia restoran. Mereka memiliki robot yang menjadi bagian dari staf pelayan mereka. Semua robot telah diprogram agar bisa mengantarkan makanan dari dapur ke meja pelanggan.

Berikut 5 restoran yang mempekerjakan robot sebagai pelayan ini di dunia, antara lain:

1. Spyce di Washintong Street, Boston

Massachusetts, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan teknologi robot untuk melayani para pelanggan. Dengan bantuan para insinyur ternama seperti Michael Farid dari MIT, Kale Rogers, Luke Schlueter, Brady Knight, serta koki berbintang Michelin Daniel Boulud, membuka Spyce di Washintong Street, Boston, dimana sebagain besar pegawainya merupakan robot-robot berteknologi canggih.

Nantinya, para pelanggan dapat memesan makanan melalui komputer layar sentuh. Lalu, salah satu ‘pekerja’ dari total tujuh robot yang disiapkan akan memasak setiap pesanan makanan dalam hanya kurun waktu tiga menit saja.

2. Momentum Machines, Amerika Serikat

Mesin yang satu ini merupakan mesin membuat burger, pesanan dibuat oleh robot canggih yang diprediksi bakal menjadi masa depan dari restoran burger. Robot yang dikembangkan sejak delapan tahun lalu ini mengerjakan semua pembuatan burger hingga disajikan pada piring untuk pelanggan.

Mesin ini melakukan beberapa hal dari mulai menggiling daging, mengiris keju, memotong sayuran, bahkan melumuri saus. Robot ini melakukan semua proses pembuatan burger itu hanya dalam waktu lima menit saja setelah pesanan pelanggan masuk.

Mulanya seorang pelayan yang bertugas menerima pesanan itu bakal memasukkan jumlah pesanan melalui sebuah tablet yang terkoneksi langsung dengan robot tersebut.

3. Chennai’s Porur, India

India juga memiliki teknologi robot canggih yang digunakna untuk mengoperasikan sebuah restoran. Tidak hanya mengolah makanan, robot yang digunakan restoran ini juga bisa berinteraksi dengan pengunjung menggunakan dua bahasa sekaligus.

Yakni bahasa Inggris dan bahas India, pengalaman feuturistic tersebut langsung akan dirasakan pengunjung ketika memasuki pintu restauran. Di bagian, reseptionist sudah disambut dengan tamu dan menjelaskan apakah harus masuk dalam daftar tunggu atau langsung menuju meja makan. 

Tidak hanya itu, seluruh pelayan di restauran menggunakan tenaga robot yang sengaja belum diberi nama. Sehingga pengunjung dapat menamainya sendiri. Dari segi menu yang disajikan pun beragam, meskipun menu utama adalah khas Asia. 

4. Hajime Restaurant, Thailand

Menu makanan khas restoran ini adalah yakiniku. Kalian bisa pesan semua makanan dan minuman dengan menggunakan teknologi yang sudah disediakan dan tunggu sampai pelayan robot mengantarkan pesananmu. Ya, di restoran ini semuanya dijalankan oleh teknologi, jadi tidak ada pelayan dari manusia.

5. Rongheng Seafood Restaurant, Singapura 

Makan di restoran ini, disajikan oleh Lucy dan Mary. Keduanya adalah robot yang didesain di Jepang namun dibuat di China.

Robot ini bukan hanya sekadar pelayan yang membawa menu pesanan, tapi keduanya juga bisa nyanyi lagu selamat ulang tahun.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top