Pasca-Debat Capres-Cawapres Terakhir, Begini Prediksi Pakar Politik tentang Elektabilitas Calon

Paslon capres cawapres 01 dan 02. (Istimewa).
Paslon capres cawapres 01 dan 02. (Istimewa).

MOJOKERTOTIMES, MALANG – Pasca-debat capres-cawapres terakhir yang berlangsung Sabtu (13/4/2019) malam, pakar politik di Kota Malang Wawan Sobari menyampaikan prediksinya terhadap elektabilitas kedua calon.

Dia menyampaikan, hingga 8 April lalu, survei elektabilitas kedua paslon tidak mengalami kenaikan secara signifikan. Padahal, debat memiliki fungsi untuk menarik calon pemilih yang belum menentukan pilihan untuk menempatkan diri pada satu pilihan.b"Tapi hasilnya tidak banyak berubah dari hasil survei yang dilakukan sebelumnya," kata dia.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh 10 lembaga yang berbeda sejak awal April ini, elektabilitas paslon 01  Jokowi-Ma'ruf Amin di Malang Raya masih berkutat pada angka 54,36 persen. Sedangkan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di angka 38,20 persen.

Sedangkan sebelum debat keempat yang dilaksanakan pada 30 Maret 2019 lalu, tingkat elektabilitas paslon 01 sebesar 54 persen dan paslon 02 35 persen. "Jika dikalkulasikan, peningkatan elektabilitas paslon hanya berkisar 0,059 persen untuk paslon 01 dan 2,31 persen untuk paslon 02," jelas Wawan.

Hasil survei yang dilakukan 10 lembaga itu, menurut dia, saat ini sulit di-recover karena sudah memasuki masa tenang dan lembaga survei tidak diperbolehkan memublikasikan hasil survei lagi.

Sementara berkaitan dengan calon pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided) dan pemilih yang berpindah (swing), survei Poltracking terbaru menunjukkan jika 84 persen dari sampel 7 persen calon pemilih cenderung menjatuhkan pilihannya kepada paslon 02. "Tapi meski begitu paslon 01 masih kuat," kata Wawan. 

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top