Pemkot Malang Gelontor Dana Rp 10 Miliar untuk Bangun Tempat Parkir Vertikal

Ilustrasi parkir vertikal (Foto: Istimewa)
Ilustrasi parkir vertikal (Foto: Istimewa)

MOJOKERTOTIMES, MALANG – Rencana pembangunan vertical parking atau parkir vertikal semakin diseriusi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Setelah dilirik calon investor dari tiga negara, yakni Cina, Singapura dan Jerman kini lokasi alternatif untuk pembangunan area parkir itu bakal ditempatkan di gedung bekas kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Jl Majapahit yang berdekatan dengan Pasar Burung Splendid.

Untuk merealisasikan pembangunan parkir vertikal atau bersusun itu, biaya yang bakal dibutuhkan mencapai Rp 10 Miliar.

"Kami memang tengah merencanakan untuk pembangunan parkir vertikal itu, pembiayaannya berkisar Rp 9 - 10 miliar. Dan itu sudah ada pihak - pihak yang melakukan penawaran untuk membiayai," ujar Wali Kota Malang, Sutiaji.

Penempatan area parkir itu awalnya ada dua titik lokasi, yakni di area Taman Rekreasi Kotaz dan bekas gedung DLH. 

Secara umum, parkir vertikal tersebut akan terdiri dari 8 tingkat dengan luas 400 meter persegi.

Dengan adanya parkir model vertikal ini diharapkan akan lebih banyak menampung kebutuhan parkir pengendara baik oleh wisatawan maupun masyarakat Kota Malang.

Selain itu, area parkir tersebut dirasa sesuai dengan kebutuhan wilayah Kota Malang. Mengingat, banyaknya ruang terbuka yang sangat terbatas bagi pengguna jalan.

"Akses jalan kita di Kota Malang semakin terbatas, kendaraan semakin banyak. Lahan parkir ini sangat diperlukan untuk kenyamanan baik masyarakat kita sendiri terlebih juga untuk wisatawan yang berkunjung kesini," pungkas dia.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top