Kendaraan Berat Penangkap Ayam hingga Kandang Berjalan, Canggihnya Alat Peternakan Zaman Now

Penghancur jerami (istimewa)
Penghancur jerami (istimewa)

MOJOKERTOTIMES, MALANG – Dunia peternakan tak selamanya menggunakan cara-cara tradisional untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemajuan teknologi dapat menunjang itu semua.

Atas dasar itu, maka terciptalah alat-alat yang dapat digunakan oleh para peternak agar pekerjaan lebih cepat dan menguntungkan.

Dan berikut ini adalah daftar alat peternakan modern yang sudah dikembangkan dan digunakan di beberapa negara.

1. Pengunci Ternak

Alat ini dirancang untuk memudahkan proses interaksi dan perawatan dari ternak itu sendiri. Misalnya jika ingin mengobati luka atau bisa juga untuk memeras susu sapi agar sapi tersebut tidak berontak atau kabur.

Desain alat ini terbuat dari bahan karet berkekuatan tinggi. Jadi, kalau sapi dijepit di alat ini, tidak akan merasakan kesakitan.

Alat ini sudah digunakan di Australia dan terbukti berjalan lancar tanpa ada keluhan dari sapi ternak.

2. Penangkap Ayam

Perusahaan asal Denmark menemukan sebuah cara yang paling manusiawi untuk menangkap ayam. Alat ini terdiri dari kendaraan berat yang dilengkapi dengan alat penangkap berupa beberapa roda yang diselipkan sisir-sisir karet.

Nantinya ayam tersebut akan tersedot masuk ke dalam susunan roda tersebut untuk disalurkan ke dalam kandang atau tempat yang lain.

3. Pelatih Kuda

Kuda balap seharusnya memang memiliki stamina yang stabil. Untuk itu, dibutuhkanlah latihan khusus. Dan seorang insinyur asal Turki membuat sebuah alat pelatih kuda agar bisa berlari dengan cepat dan terkontrol.

Alat ini dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi kesehatan maupun kebutuhan medis kuda tersebut.

4. Penghancur Jerami

Jika Anda mempunyai peternakan yang sangat luas dan sapi yang sangat banyak, maka sangat sulit jika kalian mengasih hewan ternak makan satu per satu.

Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan alat ini. Dengan alat ini, Anda bisa menghancurkan sekaligus menyebarkan jerami yang sudah hancur tadi ke kandang-kandang yang akan dituju.

5. Pengumpul Makanan

Memang kelihatannya sepele, tapi alat ini sangat berguna kalau peternakannya sangat luas. Alat seperti vakum ini berfungsi sebagai pengumpul makanan untuk segala macam makanan ternak.

Secara kerja, alat ini bukan seperti vakum yang menyedot makanan, tetapi hanya mengumpulkan agar makanan dapat dijangkau oleh sapi-sapi yang tertahan okeh pagar pembatas itu.

Kelebihan lainnya, alat ini juga dapat dikontrol dari jarak jauh sehingga sangat memudahkan pemiliknya.

6. Kandang Berjalan

Truk trailer ini fungsi utamanya adalah untuk memindahkan binatang ternak dari satu kandang ke kandang yang lain atau ke padang rumput.

Bisa juga bila perjalanan terlalu jauh alat ini bisa dijadikan kandang penginapan sementara, yang mampu menampung lebih dari sembilan sampai 12 sapi ukuran sedang.

7. Pemisah Cangkang telur

Memecahkan telur dalam jumlah banyak akan terasa sangat susah. Apalagi telur yang sudah pecah tersebut bercampur dengan kulitnya.

Nah dengan alat ini kita bisa memecahkan telur sekaligus membuat kulitnya terpisah. Penggunaan alat ini biasanya bertujuan untuk disetorkan ke pabrik-pabrik makanan.

8. Pemerah Susu

Pada peternakan tradisional, kita akan memeras susu secara manual. Cara ini akan terasa sangat lama jika sapi yang akan diperas susunya berjumlah banyak.

Dan di peternakan yang besar, mereka menggunakan mesin otomatis. Tapi tentunya juga akan menguras bujet produksi.

Untuk itu, diciptakannya alat pemeras susu portable. Alat ini hanya menggunakan tabung penyedot yang selangnya bisa langsung ditancapkan ke bagian tubuh sapi.

 

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top