Puluhan Anak di Kota Blitar Ikuti Khitanan Masal

Plt Wali Kota  Blitar membuka acara khitanan masal
Plt Wali Kota Blitar membuka acara khitanan masal

MOJOKERTOTIMES, BLITAR – Sebanyak 89 orang anak lelaki mengikuti khitan masal di Gedung Kesenian Kota Blitar, Kamis (27/06/2019).

Puluhan bocah belum baligh itu dikhitan, dalam acara Khitan Masal yang diselenggarakan Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Pemkot menyediakan fasilitas khitan masal itu secara gratis.

"Ada dua pertimbangan ya, khitan itu kami selenggarakan, pertama khitan ini kan juga tuntunan agama bagi yang muslim. Kemudian dari segi kesehatan juga sangat penting. Karena kalau sudah besar, tidak segera dikhitan malah menimbulkan virus atau penyakit di dalam jiwanya, tentunya harus dibersihkan dari virus-virus yang menempel di alat kelaminnya," ungkap Plt Wali Kota Blitar, Santoso kepada wartawan di sela-sela meninjau prosesi khitan.

Santoso menerangkan, peserta khitan masal akan diberikan bantuan berupa uang saku sebesar Rp 500.000, sarung dan celana dalam khusus penyembuhan khitan. " Kami juga bersyukur pesertanya tahun ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun kemarin sebenarnya sudah pernah kami adakan juga, namun pesertanya tidak sebesar kali ini," ulasnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Pemkot Blitar, Priyo Istanto mengatakan, kegiatan khitan masal idealnya sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat, khususnya bagi warga kurang mampu.

Kali ini, pihaknya mencoba mewujudkan kebijakan itu melalui program khitan masal. Kata dia, peserta khitan mayoritas merupakan berasal dari keluarga kurang mampu. "Ini bagian kepedulian kita kepada masyarakat dan alhamdulillah kali ini banyak peserta yang mengikuti. Kami juga akan terus melakukan inventarisasi anak-anak yang akan kita khitan di tahun 2020, jadi kita data mulai sekarang," tegasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top