Ketemu Jokowi, Khofifah Minta Penguatan Akses Wisata Bromo Tengger Semeru

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (media indonesia)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (media indonesia)

MOJOKERTOTIMES, MALANG – Sektor wisata menjadi salah satu fokus pembangunan Jawa Timur di bawah komando Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Dalam pertemuannya dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Khofifah meminta dukungan pusat menguatkan akses pada kawasan wisata Bromo Tengger Semeru (BTS). 

Dilansir oleh bisnis.com, Jokowi menggelar Rapat Terbatas Percepatan Pembangunan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Selasa (9/7/2019). 

Dalam pertemuan itu, Khofifah menyampaikan tiga usulan proyek untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. 

Dikutip dari Sekretariat Kabinet, usulan-usulan tersebut meliputi pengembangan transportasi publik untuk konektivitas antardaerah, percepatan pembangunan wilayah BTS, dan masalah pelayaran (the cruise) di wilayah Probolinggo.

Khofifah memaparkan, wilayah BTS sebelumnya sudah masuk dalam program strategis nasional (PSN). Dia berharap akan ada percepatan pembangunan di wilayah BTS. 

"Kalau sudah disiapkan opsi-opsi tambahan yang bisa memudahkan akses bagi wisatawan untuk bisa ke Bromo sekaligus ke Tengger, maka wilayah ini akan menjadi destinasi yang akan menggairahkan pariwisata di Jawa Timur," ungkapnya.

Selain itu, Pemprov Jatim juga tengah menyiapkan opsi publik transportasi yang lebih bisa memudahkan konektivitas antardaerah. 

Terutama yang masuk koridor Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan Lamongan). 

Meskipun agak terlambat, penambahan transportasi massal bisa menjadi penggerak ekonomi. 

"Sekarang baru akan dibangun Surabaya Eastern Ring Road [SERR]," tuturnya. 

"Kita berharap bahwa selain SERR itu bisa dibangun maka koneksitas di antara satu kabupaten/kota di lingkungan ring 1 industri Jawa Timur itu akan disiapkan tambahan publik transportasi, termasuk di dalamnya adalah LRT [Light Rail Transit]. Kemudian kita juga ingin menambahkan intesitas kereta komuter," urainya.

"Kemudian di jalur-jalur industrial estate kita juga ingin memberikan kemudahan dan pasti itu akan memurahkan pengangkutan barang dan jasa disekitar Gerbangkertasusila," kata Khofifah. 

Kemudian The Cruise, menurut Khofifah, pemprov ingin Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo itu juga akan dibantu oleh Pelindo III yang punya pelabuhan kecil di sekitar itu.

 

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]mojokertotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]mojokertotimes.com | marketing[at]mojokertotimes.com
Top