Pemangkasan pohon yang dilakukan oleh DLH Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Pemangkasan pohon yang dilakukan oleh DLH Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)



Karena khawatir menutupi lampu jalan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang memangkas pohon di sejumlah ruas jalan di Lumajang. Pemangkasan ini akan dilakukan secara bertahap di sejumlah titik di dalam kota Lumajang.

Plt Kepala DLH Lumajang Ir. Yuli Haris kepada media ini mengatakan, pemangkasan paling tepat memang harus dilakukan saat ini, karena sekarang sedang berada pada masa akhir musim kemarau.

"Sekarang ini memang waktu yang tepat, karena sebentar lagi musim penghujan. Jadi begitu selesai akan segera memasuki musim penghujan, dan tanaman penuh di jalanan itu akan segera bersemi kembali," kata Ir. Yuli Haris.

Selain itu pemangkasan dilakukan untuk menghindari pohon tumbang ketika musim penghujan. Karena tidak jarang, saat musim penghujan disertai angin yang rawan terjadinya pohon tumbang, jika daunya terlalu rimbun.

"Sebenarnya kita ingin memangkas semuanya sekaligus untuk merapikan. Namun untuk tahun ini kita hanya memangkas di tiga titik saja. Yang lain mungkin akan kita lanjutkan pada tahun anggaran yang akan datang," jelas Yuli kemudian.

Terkait dengan lampu  penerangan jalan, Yuli juga mengatakan, untuk tanaman yang tidak terlalu tinggi sering kali dahannya cukup rendah dan menutup lampu penerangan jalan.

"Kalau tertutup daun, lampunya menjadi kurang terang ke jalan, maka kami memangkas walaupun tidak pada semua titik," papar Yuli lagi.

Selain untuk merapikan pohon-pohon itu, dalam waktu dekat DLH Lumajang juga akan menanam sejumlah bunga dengan cara menempelkan tanaman lain pada kayu-kayu peneduh jalan tersebut.

Hal ini dimaksudkan untuk menambah keindahan kota. "Kita akan coba menambah bunga pada pohon-pohon itu. Agar kelihatan bagus kawasan strategis di Lumajang," pungkas Yuli Haris.


End of content

No more pages to load