Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kirimkan surat ucapan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah berjuang menangani pasien Covid-19. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kirimkan surat ucapan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah berjuang menangani pasien Covid-19. (Foto: Istimewa)

Apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya harus diberikan kepada para tenaga kesehatan yang telah rela memberikan waktu, tenaga hingga nyawanya sekalipun untuk berjuang menangani pandemi Covid-19.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Anies Baswedan yang mengirimkan sebuah surat ucapan terima kasih. Surat itu secara khusus ditujukan kepada para tenaga kesehatan.

Surat tersebut, dia kirimkan langsung ke kamar hotel tempat para tenaga kesehatan beristirahat di tengah penanganan pasien Covid-19.

Diletakkan di dalam amplop dengan kop lambang Burung Garuda bertuliskan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta itu, terdiri dari satu lembar tulisan di atas kertas dengan kop yang sama.

Lantas, surat tersebut diletakkan di atas meja tidur tenaga kesehatan yang beristirahat di Hotel Grand Cempaka.

Anies Baswedan juga mengirimkan surat serupa ke tenaga kesehatan di beberapa hotel yang menjadi tempat istirahat para tenaga kesehatan selama menangani pasien Covid-19.

Surat tersebut berisikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para tenaga kesehatan, yang ditandatangani langsung oleh Anies Baswedan, tertanggal 26 Maret 2020.

Salah satu tenaga kesehatan dalam video yang tengah tersebar di media sosial, mengaku merinding saat akan membuka surat kiriman langsung dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Oh my God, dari kamar dapat surat dari Gubernur DKI, kita lihat isinya apa. Oh gila gua merinding cuy, gua pengen nangis," ucap salah satu tenaga kesehatan yang kemudian membacakan isi surat tersebut dengan menangis haru.

Tenaga kesehatan tersebut juga membacakan penggalan paragraf pertama yang terdapat dalam surat tersebut.

"Ibu, bapak dan rekan-rekan yang kami banggakan. Atas nama seluruh warga Jakarta, izinkanlah saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga untuk segala pengorbanan dan keikhlasan," ucapnya saat membaca surat tersebut dengan tertanggal 26 Maret 2020. 

Berikut ini adalah tulisan lengkap surat yang dikirimkan langsung oleh Anies Baswedan kepada seluruh tenaga kesehatan yang tengah berjuang di tengah wabah pandemi Covid-19.

Jakarta, 26 Maret 2020

Terima kasih kami kepada para pejuang kemanusiaan.

Assalamualaikum wr. wb, dan salam sejahtera.

Ibu, bapak dan rekan-rekan yang kami banggakan. Atas nama seluruh warga Jakarta, izinkanlah saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga untuk segala pengorbanan dan keikhlasan.

Ibu, bapak, dan rekan-rekan telah berjuang, turun tangan, melayani warga Jakarta menjalani masa sulit. Perjuangan yang sangat mulia, yang penuh tantangan dan risiko.

Perjuangan inilah yang menguatkan harapan bahwa insyaallah kita akan segera melewati masa penuh cobaan ini.

Pada ibu, bapak, dan rekan-rekan semua, kami di Pemprov DKI Jakarta dan atas nama seluruh warganya menyampaikan rasa hormat, mengirimkan dukungan penuh dan tetap terus mendoakan.

Mohon sampaikan salam hormat kami pada keluarga di rumah, katakan pada mereka, Jakarta bangga pada ibu, bapak dan rekan-rekan semua.

Semoga Allah membalas segala kebaikan serta tetap memberikan kesehatan, kekuatan, dan kesabaran pada ibu, bapak, dan rekan-rekan dalam menuntaskan misi mulia ini.

Wasalam.

Anies Baswedan